Antara helm ber -SNI dan tabung gas 3 kg

Dua opsi yang benar-benar sempat bikin aku kebingungan. Dengan uang yang pas-pasan aku harus memilih satu di antara dua pilihan. Kalau tak segera memilih, uang yang di tangan bisa terpakai untuk keperluan lain... duhh...
Terhitung tanggal 1 April 2010, Pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm berstandar SNI, ini tanggal 25, wah kalo kena razia gawat neh. Konon, meskipun surat menyurat dan perlengkapan motor lengkap, kalo pake helm yang bukan standar SNI, berabe sob, siap siap didenda Rp. 250.000,- atau kurungan 1 bulan, padahal dalam Undang-undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8, hanya diterangkan tentang pengendara yang tidak memekai helem, tidak disebutkan pengendara yang tidak memakai helm standar SNI, jadi bingung nih... atau aku yang kurang update barangkali???

Kuhitung-hitung, helm standard yang bukan SNI paling murah 60 ribu, modelnya lumayan menarik, entah soal kekuatan soalnya kalo beli helm bukan kayak beli buah jeruk atau langsat, bisa dicoba dulu hehehehe. Yang ber - SNI pula, di atas seratus ribuan hingga ada yang jutaan. Sedang untuk yang lumayan kayak helm bermerk KYT, di Pontianak dijual 2 ratus ribuan, bahkan di Kota Sanggau mencapai 250 ribuan, wah berapa harga tuh kalo udah nyape di Putussibau???

Lain lagi soal tabung gas 3 kg, meskipun di kotaku udah banyak terlihat toko-toko yang menjualnya, tak urung bikin aku pusing kepala. Kalo gas di rumah habis, maka bisa ngga masak tuh nyonya rumah, sementara aku sering pulang sore. Nah, atas dasar inilah ketika ada duit lebih, aku berencana membeli satu tabung lagi buat cadangan.

Kebayang nih saudara-saudaraku di kampung sana yang selama ini terbiasa menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar, bukan hanya untuk keperluan memasak, namun untuk keperluan penerangan seperti petromak dan pelita. Ok lah, untuk masak mereka masih bisa menggunakan kayu bakar, lah untuk penerangan?


Hitung punya hitung, berembuk dengan nyonya rumah, Akhirnya ketemu juga jalan keluar. Prioritas ada pada helm, beli yang seratus ribuan saja, kan undang-undang ngga nyebutin soal berapa harga helam yang harus di pakai? asal Ber - SNI, kiranya udah aman. Ketimbang dipenjara 1 bulan atau membayar denda Rp. 250.000,- ??? Nah untuk gas, menunggu bulan depan, mudah-mudahan  masih dikasih durian runtuh oleh yang di atas sana. Alasannya, Tabung gas 3 kg kan udah ada, sementara pake aja dulu yang udah ada.

Aha... hari ini aku udah pake Helm ber - SNI, udah ngga was-was. Lewat jalan manapun aman. Aman maksudku ini silahkan sobat terjemahkan sendiri dengan berkomentar tentunya... (he he he... ujung-ujungnya...).

3 comments:

  1. klau helm ku udah dluan tuh SNI.. minyak tanah..udah tak pake...kami pakai damar....kikikkik

    ReplyDelete
  2. @Jml : Selamat sob, kalau mo beli yg baru, yg lama buat gwa aja ye... Damar??? masih ke sob??? Damar Monyan atau damar Engkawang ne???

    ReplyDelete
  3. klau helm ku udah dluan tuh SNI.. minyak tanah..udah tak pake...kami pakai damar....kikikkik

    ReplyDelete

Makasih udah mampir dan kasih komentar ....