Gabus Sungai Itik dan Parit Pak Reweng

Gabus Parit Pak Reweng
Pagi sabtu, setelah selesai bantu-bantu mak nyah ngemasin rumah, aku cabut jam 8 pagi. Sampai di persimpangan TPI, aku kepengen menyambangi rekanku sesama angler, bang Toto. Tapi, kubatalkan, takut bang Toto ada acara atau malah udah ngetrip ke laen spot. Akhirnya kuputuskan berangkat sendiri.

Menyusuri jalanan selepas TPI, aku bergerak pelan, mana tau ada mama gabby lagi patroli megawal anak-anaknya, sayang, hingga Sungai berembang sampai ke Sungai Udang, ngga terlihat sama sekali aktivitas si Gabby, lagian air sedang surut.

Sampai di sungai udang, aku berhenti sejenak memperhatikan rekan-rekan angler yang lagi asik mancing ikan nila. Hingga habis satu batang rokok menemaniku yang setia jadi penonton dari atas jembatan, belum ada satupun yang strike. Aku beranjak dari jembatan dan memulai kembali perjalanan. Sesampainya di spot pertama, piranti pancing aku siapkan, bebrapa kali lempar, nihil. Bergerak lagi masuk agak jauh ke dalam.... nihil juga. Begitu pula pada titik titik selanjutnya, sepanjang jalan tembus ke kakap, tak ada satupun senggolan dari si gabby. Padahal masih pagi fikirku.

Gayus Sungai Itik
Sampai di simpang 4, seharunya aku lurus. Tapi dasar fikiran lagi mikirin si gabby, aku malah belok kanan. Selang beberapa saat aku baru sadar, kalau aku masuk ke dusun Sungai Itik. Pohon-pohon kelapa berderet rapi sepanjang jalan, nah di selang beberapa barit, ada parit lumayan lebar dengan teratai kecil di atasnya. Parit ini digunakan oleh para petani setempat untuk menghayutkan buah kelapa ke arah Sungai. Nah... di parit-parit inilah biasanya si Gaby mondar-mandir.

Lemparan pertama langsung disampar si gaby, karena aku belo siap, akhirnya si gaby memuntahkan kembali si kodok plastik, mungkin ngga cocok dengan seleranya.... Sampai bebrapa kali lemparan berikutnya, barulah si gaby ditelan bulat-bulat.... dan strike.... besarnya lumayan, kiran-kira 6 sampai 7 ons. Semangatku  bangkit kembali setelah satu minggu penuh boncos.... Entah berapa parit yang telah aku susuri, perolehanku hari itu total 3 ekor. yang paling kecil aku realese kembali.

Minggu pangi,

Kali ini aku trip ke arah Parit Pak reweng. kebetulan Pamanku tinggal di sana. menurut paman, di belakang rumahnya ada bekas kolam lele dumbo. Pernah ada yang dapet si Gaby 1 kg lebih... dengan joran tegeg. Kalau kali disini menyebutnya NGOTE', dengan umpan kodok aseli, bukan kodok plastik.

Jam 6 pagi aku udah di depan rumah Paman, kebetulan paman udah bersiap sedia menanti kedatanganku. Setelah ngobrol sebentar alakadarnya, kami berangkat. Si Ferdy anaknya yang bungsu hanya sempat cuci muka, lantas berlari menyusul Kami. Sampai di spot, aku begitu bersemangat melempar kodok kuning kesayanganku yang udah banyak makan korban. Pada lemparan kedua, kodokku disambar secara kasar... Tahan baberapa saat... kemudian getak.... dan strikeeeeee..... kami bertiga berteriak berbarengan. Aku tekaget-kaget mendapat perlawanan si gabyyy... terus terang, sejak mengenal dunia casting.... baru kali ini aku merasakan tarikan si gabby yang begitu kuat, aku gelagapan.

Cu Syarif dan Ferdy.... Mantaffff
Kodok dibawa nyungsep ke bawah rumput. Belajar dari pegalaman bebrapa kali mocel dan boncos, aku tidak menarik dan melawan kekuatan si Gaby. Benar saja, selang beberapa saat si gabby yang kutarik perlahan muncul ke permukaan air tersangkut akar-akar rumput.

Kuperhatikan besarnya lumayan juga. Si kodok malah keluar dari mulutnya. Berarti hook tidak mengait sempurna. Aku jadi ketakutan untuk mengangkat si gabby. beruntung Pamanku tanggap dan berteriak agar aku jangan melawan si gaby. Paman terjun ke kolam dan berhasil mengamankan si Gabby.

Setelah Gabus aman, beberapa lemparan tak lagi terjadi strike. Mungkin para gabby pada ngumpet. Kami lantas berpindah menyusuri anak sungai yg udah tertutup pohon dan semak. Paman bilang di situ sarangnya toman. Setelah berjuang mati-matian menembus semak belukar, kami bertiga berhasil menemukan tempat yang lumayan lapang untuk megeluarkan jurus lempar kodok.

Aku turun ke tepi sungai, karena masih kurang pas, aku langsung menjejakkan kaki ku ke air. Sekelebat kulihat air bergelombang kecil, gelombang itu muncul dari sela-sela tumbuhan eceng gondok didepanku. Aku keder, takut jangan-jangan malah phyton yang lagi tidur keganggu olehku. Tiba-tiba Paman disebelahku, terhalang semak menginstruksikan aku agar segera melempar kodok. Ada tomy lagi patroli.

Entah, berapa kali kodok kulempar, ganti pake spinner.... nihil. yang ada, HP di saku kananku terndam dan sekarang .... wafat untuk selama-lamanya... yahhh.... Begitu juga pamanku, yang baru pertama kali belajar jurus kodok, ngga terhitung berapa kali kodoknya nyungsep di ujung kaki atau malah terbang ke pucuk pohon nipah.... si tommmy cuek aja.

Sampai si tomy menghilang, akhirnya kami putuskan untuk bergerak ke sungai kapuas, aman tau ada Lais Tebiring/ Begahak nyasar. Sayang udah agak siang... beberapa kali cast dan nihil kamipun memutuskan untuk pulang. Sampai di kolam lele dumbo tadi, Paman berbelok lagi. Aku mau tak amu ikut. mencari tempat aman di bawah semak, minum dan merokok sambil melepas penat. Paman bersemangat melempar kodok, Satu kali disampar dan entah beberapa kali mocel. Si Ferdi ku suruh untuk melempar kodok menggunakan joranku. Dua tiga kali lempar.... akhirnya bisa juga tuh kodok terbang.

Lagi asik menikmati rokok di siang panas begitu, tiba-tiba si Ferdi berteriak.... Strikeeeee.... bahu membahu si ferdi dan bapaknya mengalahkan si Gabby yang nyungsep ke balik rumput. Dan akhirnya si Gabby mendarat mulus. Tanpa terasa, hingga jam 10 pagi ferdy dan bapaknya terus melempar joran, Aku hanya jadi penonton sambil sibuk meratapi nasib Hpku yang ngga mau bangun lagi....

Hingga si Ferdi Menyerah dan kecapekan... total perolehan kami 7 ekor. Aku dapet 1 yang paling gede, dan yang lain hasil dari jurusnya Ferdi dan pamanku. Ahhhh... kalau difikir... ngga sebanding dengan pengorbananku, HPku mandi dan sekarang ngga bisa buat FBan lagi....

1. Mantaf om.... aku juga ingin mancing ah

2. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

3. Mantaaaaapppppppppppp Kawannnn Blognya Kereeeeennn!!! Lanjutkan Hahaha

4. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

5. K3c3w4 d3ng4n 4g3n 0nl1n3 g4m3 y4ng l41n ... ?
    4y0 buru4n d4f74r d151n1 y4 **f4n5**bett**ing ^.^

6. F4n583771nG | Ayo Joint.... ditunggu ya :) silahkan di add
    WA kami @ +855 963 156 245
    line @ fansbetting
    wechat @ fansbetting3
    bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

Makasih udah mampir dan kasih komentar ....